Overclock merupakan Cara dari sebuah proses Overclock untuk membuat sebuah perangkat yang berjalan pada kecepatan yang sangat tinggi daripada spek yang dimilikinya. Jika dilihat dari secara prinsip, Overclock yaitu digunakan agar membuat kinerja sebuah PC atau komputer menjadi sangat tinggi kecepatannya. Dengan kata lain, Overclock juga  dapat dianggap sebagai awal langkah untuk memaksa sebuah komputer melebihi kemampuan dari aslinya. Proses dari Overclock biasanya diukur dengan menggunakan sebuah satuan Megaherzt (Mhz) atau Gigaherzt (Ghz). Yang biasanya sebuah komponen yang sering di Overclock yaitu RAM,VGA, dan Prosessor.

Clock Speed merupakan sebuah hasil perkalian multiplier dengan bus speed. contohnya, seandainya prosessor bertipe AMD Athlon II X2 yang memiliki sebuah Clock speed sampai 2 Ghz. Clock Speed tersebut yang didapatkan dari hasil sebuah perkalian Multiplier X15 dengan bus speed 200 Mhz. Maka dapat dikatakan secara default, Mayoritas dari prosessor AMD yang ada saat itu akan memiliki sebuah nilai bus speed 200 Mhz dengan mendapatkan nilai multiplier yang jelas berbeda. Overclock atau biasa disebut dengan Overclocking yaitu dengan menaikan salah satu parameter atau keduanya. Tetapi tidak semua dari parameter multiplier yang pada prosessor dapat dinaikan, hanya beberap tipe tertentu saja, dimana untuk platform pada AMD athlon biasa di kenal dengan nama tipe Black Edition ( BE ).

Dampak dari Overclock Pada Komputer, yang perlu ketahui, proses overclock atau Overclocking ini akan memiliki dampak buruk pada sebuah sistem windows ada menjadi tidak stabil, dan terkadang membuat panas processor, dan yang lebih buruk lagi cepat atau lambat beberapa komponen komputer akan rusak terutama seperti motherboard, RAM, Prosessor, dan VGA. 

Sebaiknya berpikir panjang jika harus overclock atau overclocking, memang awalnya komputer akan sangat cepat kinerjanya, namun cepat atau lambat komputer bisa rusak dan jebol, karena terlalu memaksakan kinerja daripada spesifikasi semestinya.

sebaiknya jangan melakukan overclock, lebih baik menggunakan komputer atau laptop dengan spesifikasi aslinya dari pabrik. Karena pabrik sudah menyesuaikan berdasarkan kualitas yang ada.


Posting Komentar

 
Top